Pages

Amerika dan Jepang jadi konsumen terbesar fashion Indonesia

Industri fashion nasional disebut-sebut telah memberi kontribusi besar pada ekspor Indonesia. Potensi produk fashion nasional berpeluang untuk terus dikembangkan agar Indonesia bisa menjadi pusat mode di kawasan regional serta tingkat global.

BERITA TERKAIT
Celengan unik dari Badung sampai ekspor ke luar negeri
Produk impor terinfeksi bakteri dan tak dilengkapi dokumen dimusnahkan BBKP
6 Momen fashion Melania Trump memancing kemarahan publik

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak menyebut ekspor produk fashion Indonesia pada 2013 sanggup mencapai USD 11,78 miliar. Sedangkan ekspor periode Januari 2014 sudah menyentuh USD 1,08 miliar.

"Tahun ini kita targetkan ekspor produk fashion meningkat hingga 5-7 persen. Beberapa komoditi industri fashion di sini seperti alas kaki, garmen atau tekstil, aksesoris perhiasan," tegasnya.

Ekspor produk fashion Indonesia terbesar tahun lalu mengarah ke Amerika Serikat dengan nilai ekspor USD 4,97 miliar dengan pangsa pasar mencapai 42,19 persen. Negara kedua terbesar tujuan ekspor fashion Indonesia adalah Jepang dengan nilai ekspor USD 909,49 juta atau 7,72 persen.

"Tahun ini target pasar kita arahnya Amerika dan Uni Eropa adanya fashion. Kami optimis fashion akan tercapai target ekspor," tegasnya.

Produk ekspor fashion Indonesia menurut kelompok produk yang paling besar pada 2013 adalah produk pakaian jadi sebesar USD 7,72 miliar, alas kaki USD 3,86 miliar, perhiasan sebesar USD 200 juta dan arloji USD 2 juta. [noe]

No comments:

Post a Comment