ALLEA adalah khas rancangan khas,ITANG YUNASZ ,label modest ready to wear baru hasil kolaborasi antara Itang Yunasz -desainer senior Indonesia yang sejak tahun 2000 memfokuskan dirinya pada busana muslim- dengan PT Planet Selancar Mandiri yang telah lebih dari 20 tahun menekuni bisnis retail fashion melalui gerai Planet Surf.
Label ini mulai diperkenalkan (soft launching) di pertengahan Maret lalu dengan mengadakan gathering untuk press dan para undangan kalangan terbatas. Dan kini, untuk pertama kalinya ALLEA ITANG YUNASZ menjangkau masyarakat umum dengan berpartisipasi di Indonesia Fashion Week 2018. Hadir di booth di Main Lobby no 29, 30 & 31, serta melalui peragaan busana di tanggal 30 Maret 2018.
Peluncuran ALLEA ITANGYUNASZ selain dengan peragaan busana, juga ditandai dengan acara potong tumpeng selamatan dengan para media dan tamu kalangan terbatas keluarga ALLEA ITANG YUNASZ pada Jumat, 30 Maret yang lalu. Sejak 2017 lalu, grup Planet Selancar Mandiri menambah fokus retailnya dengan mengembangkan pasar modest ready to wear antara lain dengan membuka 4 gerai Alzara, yaitu di Makassar, Pare-pare, Jayapura dan yang terbaru di Palu.
Selain membuka retail store khusus modest wear, grup ini juga mengajak Itang Yunasz untuk membuat lini baru. "Kami ingin memberikan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan modest ready to wear Indonesia, dan kerja sama kami dengan desainer senior Itang Yunasz yang sudah berpengalaman di dunia tersebut adalah bentuk keseriusan kami mengeksplor pasar busana muslim yang seharusnya ditangani secara profesional mulai dari hulu sampai hilir," ujar Yunita Susanti -- CEO Allea Itang Yunasz.
Nama Allea menjadi pilihan karena artinya yang indah. Dalam bahasa Arab, Allea berarti Allah adalah cahayaku; mulia; dalam bahasa Jerman, berarti yang dihormati, dan dalam bahasa Yunani kuno Aleah berarti yang bersinar; bercahaya.
Sesuai namanya, lini ini ditujukan bagi para perempuan belia (20-45 tahun) penuh semangat aktif, ceria, dan stylish yang mencintai keindahan alam semesta. "Sesuai keindahan namanya, saya mengambil inspirasi dari segala ciptaan-Nya, seperti keindahan alam, baik dalam segi motif print mau pun warna." ujar Itang Yunasz.
Gaya desain Allea diwakili dengan tagline "Shine in Style" sebagai penggambaran brand yang menawarkan berbagai pilihan busana yang memancarkan cahaya semangat, muda, dinamis tanpa meninggalkan gaya masa kini.
ALLEA ITANG YUNASZ diciptakan untuk perempuan aktif penuh semangat berusia sekitar 20-45 tahun, yang menyenangi keleluasaan dalam bergerak dengan tetap memunculkan detail lewat kombinasi desain print, pola/potongan yang lebih bermain, dan siluet beragam disertai aplikasi renda, ring, tassel, pita dan lainnya.
Mereka adalah perempuan yang suka berpakaian apik dengan senantiasa berkompromi dengan desain penuh gaya. Harga koleksi ALLEA ITANG YUNASZ akan hadir berkisar antara Rp249.000,- hingga Rp799.000,- KOLEKSI PERDANA: SOFT CITY
Untuk koleksi perdana, ALLEA ITANG YUNASZ melansir koleksi bertema: SOFT CITY. Indonesia Fashion Week 2018 menjadi ajang pertama yang diikutinya. Sebanyak 24 looks yang mewakili label ini akan diperagakan pada 30 April 2018, pukul 14.00 WIB yang sekaligus menjadi penanda diluncurkannya label ALLEA ITANG YUNASZ .
"Saya sangat senang. Akhirnya brand baru saya yang bekerja sama dengan Grup Planet Selancar Mandiri dapat diluncurkan tepat waktu, bersamaan dengan Indonesia Fashion Week 2018. Alhamdulillah sejak persiapan sampai saat ini semua berjalan lancar dan InsyaAllah ke depannya juga demikian. Saya yakin gaya yang saya tawarkan ini dapat mengisi celah pasar perempuan aktif yang senang berpakaian santun, modern, mengikuti trend. Semoga sambutannya baik," Itang Yunasz berkomentar tentang diluncurkannya ALLEA ITANG YUNASZ.
Desain print yang menjadi kekuatan label ALLEA ITANG YUNASZ, kali ini hadir dengan mengambil banyak inspirasi alam, yang kemudian ditampilkan dalam desain modern, muda, di samping bentuk kasual dan detail praktis. Perpaduan potongan elegan dan sporty mencirikan gaya lini terbarunya ini.
Di koleksi perdananya ALLEA ITANG YUNASZ menghadirkan 11 desain print berpalet warna alam dengan lebih dari 90 desain busana meliputi blouse, tunik, gamis, kaftan, celana panjang, celana kulot, long skirt, dan long outer yang kesemuanya dapat dipadupadankan. Sebagai penyempurna penampilan sebanyak 145 desain scarves juga diluncurkan di sesi pertama ini.
Ragam koleksi ini sudah bisa diperoleh di 3 butik Alzara (1 di Makassar, 1 di Parepare, dan 1 di Jayapura) dan juga tersedia on-line di www.alzara.id
TENTANG ITANG YUNASZ
Sempat magang di Rumah Mode desainer kenamaan Italia: Balestra pada 1980, setahun kemudian Itang Yunasz pulang ke Indonesia dan meraih juara 2 pada Lomba Perancang Mode 1981 yang diselenggarakan oleh Femina Group.
Moment ini menjadi titik awal kariernya sebagai desainer yang diikuti meluncurnya lini utamanya "Itang Yunasz" di bawahperusahaannya, PT Yunasz Astabrata.
Kini, sebagai desainer modest wear, ia tergolong paling produktif dan mampu merebut hati banyak pecinta fashion melalui karyanya yang mampu menjangkau semua tingkatan masyarakat serta dianggap sebagai trend setter bagi pengamat busana muslim fashion, selebriti, dan sosialita. Label-label miliknya saat ini adalah Itang Yunasz, Itang Yunasz Ready to Wear, Preview by Itang Yunasz, Tatum, Kamilaa by Itang Yunasz, SZ, Kabana by Itang Yunasz, Gajah Duduk X Itang Yunasz dan yang terbaru, ALLEA ITANG YUNASZ.
Sepanjang kariernya, Itang Yunasz telah meraih beberapa penghargaan, seperti: 1991 -- 1994 Berturut-turut memenangkan Piala Apparel 'Koleksi Pakaian Jadi Wanita Terbaik'. 1993 Penghargaan dari Ibu Fidel Ramos in the Cabinet Ladies Foundation of The Philipines. 2012 Memperoleh Pia Alisjahbana Award di Jakarta Fashion Week 2012 to 2013 untuk katagori Individu. 2016 Wardah Maestro Award. 2017 Fashion Icon Award 2017 - Jakarta Fashion & Food Festival, kategori fashion desainer yang konsisten memroduksi busana massal.
WIBAG Inovasi Unik dalam Industri Fashion Tas Masa Kini
Halo!
Perkenalkan, kami dari Tim WIBAG , mahasiswa dan mahasiswi jurusan Ilmu Administrasi Niaga Reguler Universitas Indonesia yang terdiri dari:
Ayu Tristin
Shifa Rauda
Sekar Ayu
Ushamah Siti
Ridho Ramadhan
M. Alief Iqbal
Dalam rangka melaksanakan tugas Ujian Akhir Semester mata kuliah Kewirausahaan dan Inovasi, kami akan menjelaskan mengenai proyek bisnis dari WIBAG dan Pengembangan Bisnis dari WIBAG.
Selamat membaca!
Ide Awal Pemilihan Produk
WIBAG merupakan tas berbentuk totebag yang dirancang khusus dengan konsep changeable design serta memiliki fungsi organizer. Ide ini bermula dari permasalahan yang sering kali dirasakan oleh para pembeli tas. Dewasa ini, customer telah dimanjakan dengan tersedianya berbagai penawaran untuk pemesanan customize design sesuai keinginan. Di pasar tas, tren design suka-suka sangat marak dengan peruntukan customer individu ataupun kelompok (komunitas). Dengan konsep seperti itu, satu tas diproduksi menggunakan satu design yang diminta.
Permasalahan muncul ketika customer harus melakukan pembelian tas dengan kuantitas yang lebih banyak untuk design yang berbeda. Dengan kata lain, customer menghadapi keterbatasan pilihan dengan produk yang ada di pasar sekarang ini. Hal ini dibuktikan melalui survei yang telah kami dilakukan kepada segmen pelajar/mahasiswa. Hasilnya menyatakan bahwa 92,9% pelajar/mahasiswa di Jabodetabek menginginkan adanya satu tas dengan design yang berbeda/ dapat diganti-ganti.
Pasar tas dapat dianalisa melalui offline dan online secara mudah. Terlebih dengan adanya ketersediaan informasi dan akses internet pada saat ini. Untuk menghadirkan solusi bagi customer yang memiliki permasalahan diatas, produk seperti itu belum dapat dijumpai. Dengan kata lain, ini pun menjadi tantangan tersendiri agar hadir dan masuk ke pasar tas dengan konsen yang sebelumnya belum pernah ada. Terlebih lagi jika penjualan tas seperti ini dilakukan secara gencar melalui berbagai e-commerce dan social media.
Selanjutnya, kami menganalisa permasalahan terkait pemakaian tas pada pengguna tas dikalangan pelajar, terutama mahasiswa. Tidak perlu terlalu luas jangkauan pemikiran untuk pertama kalinya, kami mengutarakan permasalahan pengguna tas menurut pengalaman dan perspektif masing-masing anggota tim. Permasalahan utama yang ditemukan ialah kebutuhan mahasiswa yang mempunyai barang bawaan yang banyak dan sering kali menyulitkan ketika mengambil dari tas. Seiring berjalannya waktu, kami pun membuktikan masalah tersebut dan membuka kesempatan untuk masalah-masalah lainnya yang mungkin saja muncul di lingkungan mahasiswa. Hasilnya, barang-barang bawaan pelajar atau mahasiswa di Jabodetabek paling banyak ialah handphone, buku, powerbank, dan laptop. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, tim WIBAG memutuskan untuk menambahkan fungsi organizer pada tas agar memudahkan pengguna dalam menempatkan barang-barang bawaannya dengan mudah dan terorganisir.
Strategi Pemilihan Vendor WIBAG
Dalam pemilihan vendor, WIBAG sebagai usaha bisnis dalam bidang fashion wanita yang mengutamakan desain yang ada pada tas tentunya membutuhkan vendor agar dapat menghasilkan kualitas produk yang sesuai dengan keinginan tim WIBAG. Awalnya semua tim WIBAG mencari-cari vendor yang sesuai dengan kualifikasi kami. Kualifikasi yang utam adalah vendor tersebut dapat melakukan penyablonan dan jahit. Selain itu, kualifikasi yang lain adalah seperti dapat diajak untuk kerjasama, mudah dihubungi, tidak ada minimal order dan menawarkan harga yang kompetitif. Dari beberapa list vendor yang sudah kami dapat, ternyata kebanyakan dari vendor tersebut hanya bisa melakukan satu kegiatan, misalnya hanya dapat menjahit saja atau hanya dapat melakukan penyablonan saya. Akhirnya kami menemukan dua vendor setelah kami kontak vendor tersebut dari beberapa list vendor. Dua vendor tersebut bisa melakukan penyablonan dan penjahitan sekaligus. Namun, ternyata salah satu vendor tersebut mempunyai minimal order dalam melakukan proses produksi.
Setelah tim WIBAG berdiskusi, pada akhirnya kami memilih salah satu vendor yang berlokasi di Bandung. Beberapa minggu sebelum UTS, tim WIBAG memutuskan untuk melakukan survei secara langsung ke tempat vendor tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjelaskan detail tas yang akan kami produksi, berdiskusi mengenai bahan baku, harga dan lain-lain. Setelah semua dirasa sesuai dengan keinginan tim WIBAG, kami memutuskan untuk menggunakan jasa vendor tersebut. Pada awalnya kami membuat prototype tas untuk UTS terlebih dahulu di vendor tersebut untuk mengetahui kualitasnya. Karena hasil prototype tersebut sudah cukup baik, walaupun memang masih ada beberapa detail yang kurang memuaskan bagi tim WIBAG. Akhirnya, kami memutuskan untuk tetap menggunakan jasa vendor di Bandung tersebut untuk Exhibition. Alasan kami memilih vendor tersebut adalah karena vendor tersebut memenuhi kualifikasi utama kami, yaitu dapat meyablon dan menjahit di satu tempat. Kami mengutamakan hal tersebut karena jika tempat melakukan penyablonan dan penjahitan pada vendor yang berbeda, akan menyulitkan dari segi waktu dan juga biaya sehingga dirasa tidak efektif dan efisien. Vendor kami ini bisa menyediakan bahan sesuai yang diinginkan sehingga ini dapat mempermudahkan tim kami. Walaupun berada di Bandung, vendor kami sangat mudah untuk diajak bekerjasama dan mudah untuk berkomunikasi sehingga mudah untuk diawasi. Vendor kami ini juga sangat aktif karena setiap terjadi perkembangan mengenai proses produksi, vendor ini selalu memberikan informasi. Selain itu, tidak ada minimal order sehingga untuk exhibition kami memproduksi 24pcs tas dengan warna navy, maroon dan cream.
Strategi Pemasaran
Wibag dalam memasarkan produknya akan menggunakan berbagai strategi agar dapat diterima dan dijadikan pilihan merk tas bagi masyarakat. Startegi pemasaran dari Wibag akan dirancang menggunakan bauran pemasaran 4Ps yaitu product, place price,dan promotion. Berikut strategi pemasaran yang akan dilakukan oleh Wibag:
Product:
Produk yang di jual oleh Wibag merupakan tas totebag yang memiliki desain unik dan dapat diubah-ubah. Ketika eksibisi Wibag mengeluarkan produknya dengan tiga varian warna, yaitu maroon, blue navy, dan cream. Animo pengunjung yang datang ke booth Wibag cukup tinggi, dan menurut mereka akan lebih baik lagi bila Wibag memiliki desain dan pilihan warna yang di khususkan bagi kaum pria. Merujuk pada hal tersebut Wibag akan memproduksi tas totebag dengan variasi warna yang lebih beragam dan variasi desain yang lebih banyak, sehingga Wibag dapat meraih pasar yang lebih besar lagi dari yang sebelumnya.
Place:
Pada tahap awal ini, Wibag akan lebih fokus untuk berjualan via onlinedikarenakan melalui media online,WIbag dapat meraih pasar yang lebih besar dibandingkan dengan membuka toko disuatu tempat. Namun walaupun Wibag memiliki fokus berjualan melalui media online,kami tidak menutup kemungkinan untuk hadir pada bazaar-bazaar yang memang akan diselenggarakan kedepan. Kami akan hadir di bazaar-bazaar tersebut untuk meningkatkan kepercayaan konsumen kami bahwa Wibag memang masih ada dan akan terus eksis pada dunia bisnis fashion di Indonesia.
Price:
Dalam penetapan harga, Wibag selalu berusaha untuk terus bersaing dengan kompetitor-kompetior lain yang bermain pada bisnis fashion khususnya kompetitor yang menjual tas. Di pasaran, harga totebag yang memiliki desain yang unik, warna yang bagus, dan pemilihan bahan yang berkualitas tinggi berada di sekitar Rp.130.000-Rp.160.000. Untuk Wibag sendiri yang memiliki fitur desain yang menarik dan dapat diubah-ubah, fitur organizer yang dapat menjadikan barang bawaan anda mudah untuk di letakkan di dalam tas, dan bahan dari tas Wibag yang memang merupakan bahan yang berkualitas tinggi, Wibag berani mematok harga produknya sebesar Rp.120.000 untuk setiap totebag nya.
Perkenalkan, kami dari Tim WIBAG , mahasiswa dan mahasiswi jurusan Ilmu Administrasi Niaga Reguler Universitas Indonesia yang terdiri dari:
Ayu Tristin
Shifa Rauda
Sekar Ayu
Ushamah Siti
Ridho Ramadhan
M. Alief Iqbal
Dalam rangka melaksanakan tugas Ujian Akhir Semester mata kuliah Kewirausahaan dan Inovasi, kami akan menjelaskan mengenai proyek bisnis dari WIBAG dan Pengembangan Bisnis dari WIBAG.
Selamat membaca!
Ide Awal Pemilihan Produk
WIBAG merupakan tas berbentuk totebag yang dirancang khusus dengan konsep changeable design serta memiliki fungsi organizer. Ide ini bermula dari permasalahan yang sering kali dirasakan oleh para pembeli tas. Dewasa ini, customer telah dimanjakan dengan tersedianya berbagai penawaran untuk pemesanan customize design sesuai keinginan. Di pasar tas, tren design suka-suka sangat marak dengan peruntukan customer individu ataupun kelompok (komunitas). Dengan konsep seperti itu, satu tas diproduksi menggunakan satu design yang diminta.
Permasalahan muncul ketika customer harus melakukan pembelian tas dengan kuantitas yang lebih banyak untuk design yang berbeda. Dengan kata lain, customer menghadapi keterbatasan pilihan dengan produk yang ada di pasar sekarang ini. Hal ini dibuktikan melalui survei yang telah kami dilakukan kepada segmen pelajar/mahasiswa. Hasilnya menyatakan bahwa 92,9% pelajar/mahasiswa di Jabodetabek menginginkan adanya satu tas dengan design yang berbeda/ dapat diganti-ganti.
Pasar tas dapat dianalisa melalui offline dan online secara mudah. Terlebih dengan adanya ketersediaan informasi dan akses internet pada saat ini. Untuk menghadirkan solusi bagi customer yang memiliki permasalahan diatas, produk seperti itu belum dapat dijumpai. Dengan kata lain, ini pun menjadi tantangan tersendiri agar hadir dan masuk ke pasar tas dengan konsen yang sebelumnya belum pernah ada. Terlebih lagi jika penjualan tas seperti ini dilakukan secara gencar melalui berbagai e-commerce dan social media.
Selanjutnya, kami menganalisa permasalahan terkait pemakaian tas pada pengguna tas dikalangan pelajar, terutama mahasiswa. Tidak perlu terlalu luas jangkauan pemikiran untuk pertama kalinya, kami mengutarakan permasalahan pengguna tas menurut pengalaman dan perspektif masing-masing anggota tim. Permasalahan utama yang ditemukan ialah kebutuhan mahasiswa yang mempunyai barang bawaan yang banyak dan sering kali menyulitkan ketika mengambil dari tas. Seiring berjalannya waktu, kami pun membuktikan masalah tersebut dan membuka kesempatan untuk masalah-masalah lainnya yang mungkin saja muncul di lingkungan mahasiswa. Hasilnya, barang-barang bawaan pelajar atau mahasiswa di Jabodetabek paling banyak ialah handphone, buku, powerbank, dan laptop. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, tim WIBAG memutuskan untuk menambahkan fungsi organizer pada tas agar memudahkan pengguna dalam menempatkan barang-barang bawaannya dengan mudah dan terorganisir.
Strategi Pemilihan Vendor WIBAG
Dalam pemilihan vendor, WIBAG sebagai usaha bisnis dalam bidang fashion wanita yang mengutamakan desain yang ada pada tas tentunya membutuhkan vendor agar dapat menghasilkan kualitas produk yang sesuai dengan keinginan tim WIBAG. Awalnya semua tim WIBAG mencari-cari vendor yang sesuai dengan kualifikasi kami. Kualifikasi yang utam adalah vendor tersebut dapat melakukan penyablonan dan jahit. Selain itu, kualifikasi yang lain adalah seperti dapat diajak untuk kerjasama, mudah dihubungi, tidak ada minimal order dan menawarkan harga yang kompetitif. Dari beberapa list vendor yang sudah kami dapat, ternyata kebanyakan dari vendor tersebut hanya bisa melakukan satu kegiatan, misalnya hanya dapat menjahit saja atau hanya dapat melakukan penyablonan saya. Akhirnya kami menemukan dua vendor setelah kami kontak vendor tersebut dari beberapa list vendor. Dua vendor tersebut bisa melakukan penyablonan dan penjahitan sekaligus. Namun, ternyata salah satu vendor tersebut mempunyai minimal order dalam melakukan proses produksi.
Setelah tim WIBAG berdiskusi, pada akhirnya kami memilih salah satu vendor yang berlokasi di Bandung. Beberapa minggu sebelum UTS, tim WIBAG memutuskan untuk melakukan survei secara langsung ke tempat vendor tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjelaskan detail tas yang akan kami produksi, berdiskusi mengenai bahan baku, harga dan lain-lain. Setelah semua dirasa sesuai dengan keinginan tim WIBAG, kami memutuskan untuk menggunakan jasa vendor tersebut. Pada awalnya kami membuat prototype tas untuk UTS terlebih dahulu di vendor tersebut untuk mengetahui kualitasnya. Karena hasil prototype tersebut sudah cukup baik, walaupun memang masih ada beberapa detail yang kurang memuaskan bagi tim WIBAG. Akhirnya, kami memutuskan untuk tetap menggunakan jasa vendor di Bandung tersebut untuk Exhibition. Alasan kami memilih vendor tersebut adalah karena vendor tersebut memenuhi kualifikasi utama kami, yaitu dapat meyablon dan menjahit di satu tempat. Kami mengutamakan hal tersebut karena jika tempat melakukan penyablonan dan penjahitan pada vendor yang berbeda, akan menyulitkan dari segi waktu dan juga biaya sehingga dirasa tidak efektif dan efisien. Vendor kami ini bisa menyediakan bahan sesuai yang diinginkan sehingga ini dapat mempermudahkan tim kami. Walaupun berada di Bandung, vendor kami sangat mudah untuk diajak bekerjasama dan mudah untuk berkomunikasi sehingga mudah untuk diawasi. Vendor kami ini juga sangat aktif karena setiap terjadi perkembangan mengenai proses produksi, vendor ini selalu memberikan informasi. Selain itu, tidak ada minimal order sehingga untuk exhibition kami memproduksi 24pcs tas dengan warna navy, maroon dan cream.
Strategi Pemasaran
Wibag dalam memasarkan produknya akan menggunakan berbagai strategi agar dapat diterima dan dijadikan pilihan merk tas bagi masyarakat. Startegi pemasaran dari Wibag akan dirancang menggunakan bauran pemasaran 4Ps yaitu product, place price,dan promotion. Berikut strategi pemasaran yang akan dilakukan oleh Wibag:
Product:
Produk yang di jual oleh Wibag merupakan tas totebag yang memiliki desain unik dan dapat diubah-ubah. Ketika eksibisi Wibag mengeluarkan produknya dengan tiga varian warna, yaitu maroon, blue navy, dan cream. Animo pengunjung yang datang ke booth Wibag cukup tinggi, dan menurut mereka akan lebih baik lagi bila Wibag memiliki desain dan pilihan warna yang di khususkan bagi kaum pria. Merujuk pada hal tersebut Wibag akan memproduksi tas totebag dengan variasi warna yang lebih beragam dan variasi desain yang lebih banyak, sehingga Wibag dapat meraih pasar yang lebih besar lagi dari yang sebelumnya.
Place:
Pada tahap awal ini, Wibag akan lebih fokus untuk berjualan via onlinedikarenakan melalui media online,WIbag dapat meraih pasar yang lebih besar dibandingkan dengan membuka toko disuatu tempat. Namun walaupun Wibag memiliki fokus berjualan melalui media online,kami tidak menutup kemungkinan untuk hadir pada bazaar-bazaar yang memang akan diselenggarakan kedepan. Kami akan hadir di bazaar-bazaar tersebut untuk meningkatkan kepercayaan konsumen kami bahwa Wibag memang masih ada dan akan terus eksis pada dunia bisnis fashion di Indonesia.
Price:
Dalam penetapan harga, Wibag selalu berusaha untuk terus bersaing dengan kompetitor-kompetior lain yang bermain pada bisnis fashion khususnya kompetitor yang menjual tas. Di pasaran, harga totebag yang memiliki desain yang unik, warna yang bagus, dan pemilihan bahan yang berkualitas tinggi berada di sekitar Rp.130.000-Rp.160.000. Untuk Wibag sendiri yang memiliki fitur desain yang menarik dan dapat diubah-ubah, fitur organizer yang dapat menjadikan barang bawaan anda mudah untuk di letakkan di dalam tas, dan bahan dari tas Wibag yang memang merupakan bahan yang berkualitas tinggi, Wibag berani mematok harga produknya sebesar Rp.120.000 untuk setiap totebag nya.
UI Fashion Week, Wadah Kreasi Mahasiswa Pecinta Fashion
KOMPAS.com - Setelah sukses menggelar ajang fashion week yang pertama, mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali mengadakan UI Fashion Week 2013 (UIFW). Ajang ini diadakan dengan tujuan untuk mewadahi sisi kreatif mahasiswa di bidang fashion. Uniknya, ajang ini bukan hanya mewadahi anak muda yang kuliah di universitas ini saja, tapi semua mahasiswa dari berbagai universitas.
"Acara ini bertujuan untuk menjembatani bakat-bakat anak muda dalam dunia fashion dengan potensial buyer dan memperkenalkan (karya) mereka kepada khalayak ramai," jelas Annisa Putri Adisty, Project Officer UI Fashion Week 2013, saat konferensi pers di Munchies, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Senin (24/6/2013).
Tahun ini tema yang dipilih adalah "The Acculturashion: Celebration of Indonesian Anthology". Pemilihan tema ini dilatarbelakangi oleh pergerakan dunia fashion ke arah akulturasi mode dalam menciptakan kreasi busana yang unik dan modern.
Dalam misinya untuk mendukung generasi muda yang telah berkarya hingga akhirnya memiliki clothing line secara mandiri, UI Fashion Week juga menghadirkan program Designer Application. Ini merupakan suatu kompetisi untuk memilih desainer-desainer dari kalangan mahasiswa yang berkesempatan tampil di panggung mode UIFW.
"Program Desaigner Application ini awalnya diikuti oleh 47 desainer dari universitas di beberapa daerah di Indonesia. Namun setelah proses seleksi selama satu bulan, hanya ada delapan desainer yang terpilih," tambah Annisa.
Delapan desainer tersebut adalah ProMEsse by Aprilian Tika (IKJ), Prolog (Universitas Padjajaran), Nyi Iteung (Universitas Katolik Parahyangan), ZUM by Siti (UI), Fleur de Vyn (Universitas Indonesia), Grace & Mercy (Universitas Padjajaran), Busana Nona (Universitas Indonesia), dan Glaechi Apparel (Universitas Indonesia).
Selain fashion show dari desainer muda, beberapa desainer terkenal seperti Danjyo Hyoji, Barli Asmara, Lenny Agustin, dan Alexalexa juga akan memamerkan koleksinya. UIFW juga akan menghadirkan 48 booth dan bazaar dari 60 merek busana.
Untuk memberikan nuansa yang berbeda dengan penyelenggaraannya yang pertama, tahun ini UIFW 2013 juga mengadakan UIFW Model Search dan UIFW Band Audition. Setelah mengadakan serangkaian seleksi, UIFW Model Search mendapatkan 11 nama finalisnya, yaitu Shita Paramita, Saskia Lengkey, Kartika Ayu, Valerie Krasnadewi, Mutiara Febrika, Meli Muljayanti, Eugene Kharisma, Randy Stephanus, Sandy Sanjayatna, Dlaify Bruinsma, dan Angga Bastari.
"Nantinya, dua pemenang model pria dan wanita yang terpilih akan mendapatkan hadiah berupa kontrak model dari agensi ternama di Indonesia," katanya.
Ajang fashion dari Universitas Indonesia ini rencananya akan diadakan selama tiga hari mulai 28-30 Juni 2013 di main atrium Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.
"Acara ini bertujuan untuk menjembatani bakat-bakat anak muda dalam dunia fashion dengan potensial buyer dan memperkenalkan (karya) mereka kepada khalayak ramai," jelas Annisa Putri Adisty, Project Officer UI Fashion Week 2013, saat konferensi pers di Munchies, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Senin (24/6/2013).
Tahun ini tema yang dipilih adalah "The Acculturashion: Celebration of Indonesian Anthology". Pemilihan tema ini dilatarbelakangi oleh pergerakan dunia fashion ke arah akulturasi mode dalam menciptakan kreasi busana yang unik dan modern.
Dalam misinya untuk mendukung generasi muda yang telah berkarya hingga akhirnya memiliki clothing line secara mandiri, UI Fashion Week juga menghadirkan program Designer Application. Ini merupakan suatu kompetisi untuk memilih desainer-desainer dari kalangan mahasiswa yang berkesempatan tampil di panggung mode UIFW.
"Program Desaigner Application ini awalnya diikuti oleh 47 desainer dari universitas di beberapa daerah di Indonesia. Namun setelah proses seleksi selama satu bulan, hanya ada delapan desainer yang terpilih," tambah Annisa.
Delapan desainer tersebut adalah ProMEsse by Aprilian Tika (IKJ), Prolog (Universitas Padjajaran), Nyi Iteung (Universitas Katolik Parahyangan), ZUM by Siti (UI), Fleur de Vyn (Universitas Indonesia), Grace & Mercy (Universitas Padjajaran), Busana Nona (Universitas Indonesia), dan Glaechi Apparel (Universitas Indonesia).
Selain fashion show dari desainer muda, beberapa desainer terkenal seperti Danjyo Hyoji, Barli Asmara, Lenny Agustin, dan Alexalexa juga akan memamerkan koleksinya. UIFW juga akan menghadirkan 48 booth dan bazaar dari 60 merek busana.
Untuk memberikan nuansa yang berbeda dengan penyelenggaraannya yang pertama, tahun ini UIFW 2013 juga mengadakan UIFW Model Search dan UIFW Band Audition. Setelah mengadakan serangkaian seleksi, UIFW Model Search mendapatkan 11 nama finalisnya, yaitu Shita Paramita, Saskia Lengkey, Kartika Ayu, Valerie Krasnadewi, Mutiara Febrika, Meli Muljayanti, Eugene Kharisma, Randy Stephanus, Sandy Sanjayatna, Dlaify Bruinsma, dan Angga Bastari.
"Nantinya, dua pemenang model pria dan wanita yang terpilih akan mendapatkan hadiah berupa kontrak model dari agensi ternama di Indonesia," katanya.
Ajang fashion dari Universitas Indonesia ini rencananya akan diadakan selama tiga hari mulai 28-30 Juni 2013 di main atrium Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.
Trend Fashion 2012
Fashion merupakan kata terpopuler di kalangan masyarakat. Kehadiran fashion juga sangat penting untuk penampilan dan selalu berkembang dari tahun ke tahun sesuai lingkungan dan zaman. Ditahun 2011 ini kita disuguhkan dengan gaya sexy chic dan casual ala anak muda. Busana ditahun ini pun bergaya natural dan mengikuti gaya fashion retro di tahun 1970an. Walaupun fashion selalu berkembang tetapi sebenarnya mereka hanya mencontoh fashion di abad 19 dan hanya merombaknya menjadi lebih baru dan tidak terlihat kuno. Seperti contoh di tahun 2011 kita sering melihat gaya punk street yang terkenal di tahun 1970-1980. Perkembangan fashion pun terkadang mengikuti perkembangan musik, gaya artis, lingkungan. Ditahun ini pula fashion lebih mengarah ke Asia Timur seperti Korea, China, dan Jepang.
Trend fashion 2011 memang sudah basi, sekarang yang sedang dipertanyakan oleh para pemuja fashion dan designer adalah bagaimana karakter fashion tahun 2012. Tahun yang digosipkan menjadi tahun terakhir manusia ini memang merupakan tahun sakral menurut saya. Kita tidak perlu mengomentari gosip tidak berdasar itu. Teka- teki di balik fashion 2012 adalah ditahun ini. Ditahun 2011 masyarakat cendrung mengikuti fashion ala Korea, Retro 1970, ataupun gaya Lady GaGa. Menurut saya fashion yang trend di 2011 merupakan fashion yang terlalu kaku, lalu mengapa kita tak merubah kekakuan itu menjadi lebih santai.
Menurut saya busana santai bisa menjadi pilihan untuk Anda ditahun 2012 nanti. Busana yang memiliki siluet atau potongan yang terlalu dramatis dan ribet lebih baik ditinggalkan saja. Ditahun 2012 sepertinya akan didominasi dengan baju-baju t-shirt dengan gambar unik dengan gaya klasik dan juga celana jeans bermotif serta colourfull. Kemeja berwarna kalem seperti krem, kuning muda, biru muda, broken white, ataupun warna-warna dingin. Celana atau rok high waist sepertinya masih diminati namun untuk celana jeans denim masih di minati. Tingalkan legging atau stocking buat Anda kaum perempuan karena itu sudah basi dan ketinggalan zaman mungkin Anda bisa ganti dengan celana model Boot Cut. Untuk gaun, Anda lebih baik memilih gaun beraksen casual dan santai.
Trend fashion 2011 memang sudah basi, sekarang yang sedang dipertanyakan oleh para pemuja fashion dan designer adalah bagaimana karakter fashion tahun 2012. Tahun yang digosipkan menjadi tahun terakhir manusia ini memang merupakan tahun sakral menurut saya. Kita tidak perlu mengomentari gosip tidak berdasar itu. Teka- teki di balik fashion 2012 adalah ditahun ini. Ditahun 2011 masyarakat cendrung mengikuti fashion ala Korea, Retro 1970, ataupun gaya Lady GaGa. Menurut saya fashion yang trend di 2011 merupakan fashion yang terlalu kaku, lalu mengapa kita tak merubah kekakuan itu menjadi lebih santai.
Menurut saya busana santai bisa menjadi pilihan untuk Anda ditahun 2012 nanti. Busana yang memiliki siluet atau potongan yang terlalu dramatis dan ribet lebih baik ditinggalkan saja. Ditahun 2012 sepertinya akan didominasi dengan baju-baju t-shirt dengan gambar unik dengan gaya klasik dan juga celana jeans bermotif serta colourfull. Kemeja berwarna kalem seperti krem, kuning muda, biru muda, broken white, ataupun warna-warna dingin. Celana atau rok high waist sepertinya masih diminati namun untuk celana jeans denim masih di minati. Tingalkan legging atau stocking buat Anda kaum perempuan karena itu sudah basi dan ketinggalan zaman mungkin Anda bisa ganti dengan celana model Boot Cut. Untuk gaun, Anda lebih baik memilih gaun beraksen casual dan santai.
Tren Fashion Zaman Now yang Nggak Banget Kalau Kamu Ikuti. Pengen Gaya Tapi Iyuh!
Gaya orang dalam berpakaian sebenarnya hak masing-masing individu. Mau bergaya feminim, edgy, quirky, atau cuek semuanya terserah kamu. Namun, tetap saja ada berbagai etika yang sebaiknya kamu turuti ketika tidak mau dicap tidak sopan oleh orang-orang di sekitar. Mungkin bagi kamu memang nyaman-nyaman saja berpakaian seperti yang diinginkan, tapi berikut terdapat beberapa peraturan fashion yang perlu dihindari ketika kamu berpakaian.
1. Memadukan Kaos Kaki dan Sandal Beralas Datar
Secara estetika, memadukan kaos kaki dan sandal beralas datar itu BIG NO NO. Menggunakan sandal teplek dengan kaos kaki akan membuatmu terlihat seperti bapak-bapak. Jika kamu memang ingin terlihat edgy, padukan kaos kaki dengan sandal yang berhak tinggi, seperti tren sandal hak tinggi dengan kaos kaki yang sekarang kerap digunakan oleh selebriti Hollywood. Hal itu pun dengan catatan gunakan kaos kaki yang tipis dan tidak terbuat dari bahan tebal berwarna-warni, ya.
2. Menggunakan Merek KW
Sebaiknya kamu menjauhi barang-barang bermerek KW alias palsu. Memakai merek KW tidak akan membuatmu terlihat keren, malah akan mempermalukan diri sendiri jika sampai ketahuan orang lain, daripada memaksakan diri ingin terlihat menggunakan barang-barang bermerek tapi sebenarnya KW, lebih baik kamu menggunakan barang-barang dari produksi lokal namun original dan asli.
3. Riasan Terlalu Tebal
Iklim tropis Indonesia sama sekali tidak mendukungmu memakai riasan yang terlalu tebal. Ketika udara sedang panas, riasan wajahmu akan meleleh dan langsung berubah warna menjadi abu-abu. Menggunakan riasan tebal juga akan membuat wajahmu terlihat lebih tua dan seperti memakai topeng. Salah satu cara agar riasan tidak terlalu tebal adalah mengganti pemakaian foundation dengan BB cream yang kandungannya lebih ringan untuk pemakaian sehari-hari. Batasi penggunaan foundation pada acara-acara resmi.
4. Memakai Legging Sebagai Pengganti Celana
Legging atau tights tidak bisa menggantikan fungsi celana. Bahan yang tipis dan elastis akan membuat lekuk bokong kamu terlihat sangat jelas. Hal ini tentu akan memberikan pemandangan yang tidak terlalu enak dilihat. Jika kamu memang ingin memadukan legging atau tights dengan baju atasan, usahakan baju atasan yang kamu gunakan longgar dan memiliki panjang minimal setengah paha.
5. Memakai Pakaian Terbuka Namun Tidak Nyaman
Jika kamu tidak terlalu nyaman dan percaya diri saat mengenakan sesuatu, khususnya pakaian yang sedikit terbuka, sebaiknya kamu mencari outfit lain yang lebih nyaman digunakan. Tentu percuma kan kalau kamu memakai hot pants, namun sepanjang waktu bergerak tak nyaman untuk menutupi pahamu? Pakailah outfit yang membuat kamu nyaman saat mengenakannya. Apalagi jika dikenakan di cuaca dingin, memilih pakaian juga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi lingkungan. Asal nyaman dikenakan, dan masih pantas dilihat, ya fine fine aja kan?
Advertisement
Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya
Makna Santri Zaman Now yang Sedang Ramai Dibicarakan
Bedanya Anak Gaul Zaman Dulu dan Kidz Zaman Now. Lebih Keren yang Mana?
Tren Zaman Now Udah Berubah Lagi. Kini Ada Selfie Feet, Foto Selfie Pakai Kaki!
10 Tren Fashion yang Bakal Ditinggalkan di Tahun 2017 dan Punya Pengganti di Tahun 2018
9 Hal Unik Nan Menarik Gaya Bohemian/Hippie Ini Layak Jadi Tren Fashion Terbarumu!
1. Memadukan Kaos Kaki dan Sandal Beralas Datar
Secara estetika, memadukan kaos kaki dan sandal beralas datar itu BIG NO NO. Menggunakan sandal teplek dengan kaos kaki akan membuatmu terlihat seperti bapak-bapak. Jika kamu memang ingin terlihat edgy, padukan kaos kaki dengan sandal yang berhak tinggi, seperti tren sandal hak tinggi dengan kaos kaki yang sekarang kerap digunakan oleh selebriti Hollywood. Hal itu pun dengan catatan gunakan kaos kaki yang tipis dan tidak terbuat dari bahan tebal berwarna-warni, ya.
2. Menggunakan Merek KW
Sebaiknya kamu menjauhi barang-barang bermerek KW alias palsu. Memakai merek KW tidak akan membuatmu terlihat keren, malah akan mempermalukan diri sendiri jika sampai ketahuan orang lain, daripada memaksakan diri ingin terlihat menggunakan barang-barang bermerek tapi sebenarnya KW, lebih baik kamu menggunakan barang-barang dari produksi lokal namun original dan asli.
3. Riasan Terlalu Tebal
Iklim tropis Indonesia sama sekali tidak mendukungmu memakai riasan yang terlalu tebal. Ketika udara sedang panas, riasan wajahmu akan meleleh dan langsung berubah warna menjadi abu-abu. Menggunakan riasan tebal juga akan membuat wajahmu terlihat lebih tua dan seperti memakai topeng. Salah satu cara agar riasan tidak terlalu tebal adalah mengganti pemakaian foundation dengan BB cream yang kandungannya lebih ringan untuk pemakaian sehari-hari. Batasi penggunaan foundation pada acara-acara resmi.
4. Memakai Legging Sebagai Pengganti Celana
Legging atau tights tidak bisa menggantikan fungsi celana. Bahan yang tipis dan elastis akan membuat lekuk bokong kamu terlihat sangat jelas. Hal ini tentu akan memberikan pemandangan yang tidak terlalu enak dilihat. Jika kamu memang ingin memadukan legging atau tights dengan baju atasan, usahakan baju atasan yang kamu gunakan longgar dan memiliki panjang minimal setengah paha.
5. Memakai Pakaian Terbuka Namun Tidak Nyaman
Jika kamu tidak terlalu nyaman dan percaya diri saat mengenakan sesuatu, khususnya pakaian yang sedikit terbuka, sebaiknya kamu mencari outfit lain yang lebih nyaman digunakan. Tentu percuma kan kalau kamu memakai hot pants, namun sepanjang waktu bergerak tak nyaman untuk menutupi pahamu? Pakailah outfit yang membuat kamu nyaman saat mengenakannya. Apalagi jika dikenakan di cuaca dingin, memilih pakaian juga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi lingkungan. Asal nyaman dikenakan, dan masih pantas dilihat, ya fine fine aja kan?
Advertisement
Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya
Makna Santri Zaman Now yang Sedang Ramai Dibicarakan
Bedanya Anak Gaul Zaman Dulu dan Kidz Zaman Now. Lebih Keren yang Mana?
Tren Zaman Now Udah Berubah Lagi. Kini Ada Selfie Feet, Foto Selfie Pakai Kaki!
10 Tren Fashion yang Bakal Ditinggalkan di Tahun 2017 dan Punya Pengganti di Tahun 2018
9 Hal Unik Nan Menarik Gaya Bohemian/Hippie Ini Layak Jadi Tren Fashion Terbarumu!
Tren Fashion Baru di Afrika
Masih membayangkan fashion khas Afrika yang menggunakan warna warna cerah bermotif motif etnik? Kini fashion baru telah menghampiri Afrika!
Gaya vintage dengan topi, setelan jas, dan potongan busana yang longgar ini mulai dikenalkan oleh Loux the Vintage Guru. Dialah seorang designer Afrika yang perlahan mengubah gaya fashion di Afrika dengan sentuhan fashion modern.
Lihat gaya gaya inspiratifnya yang dilansir oleh The Guardians di bawah ini.
Hipster modern ala Afrika
Menarik juga kan gaya gayanya, buat kamu yang suka tampil beda gaya gaya Loux ini bisa jadi inspirasi buat kamu.
Advertisement
Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya
3 Alasan Kenapa Kacamata dengan Frame Kayu Itu Keren
Nggak Cuma Baju Koko Aja, 10 Pakaian Ini Bikin Penampilanmu Makin Tampan di Hari Lebaran
Tren Perkembangan Model Fashion Muslim Saat Ini
8 Fashion Hijab yang Bakal Tren di Tahun 2016. Kamu Mau Mencoba Mempraktekkan?
9 Hal Unik Nan Menarik Gaya Bohemian/Hippie Ini Layak Jadi Tren Fashion Terbarumu!
Gaya vintage dengan topi, setelan jas, dan potongan busana yang longgar ini mulai dikenalkan oleh Loux the Vintage Guru. Dialah seorang designer Afrika yang perlahan mengubah gaya fashion di Afrika dengan sentuhan fashion modern.
Lihat gaya gaya inspiratifnya yang dilansir oleh The Guardians di bawah ini.
Hipster modern ala Afrika
Menarik juga kan gaya gayanya, buat kamu yang suka tampil beda gaya gaya Loux ini bisa jadi inspirasi buat kamu.
Advertisement
Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya
3 Alasan Kenapa Kacamata dengan Frame Kayu Itu Keren
Nggak Cuma Baju Koko Aja, 10 Pakaian Ini Bikin Penampilanmu Makin Tampan di Hari Lebaran
Tren Perkembangan Model Fashion Muslim Saat Ini
8 Fashion Hijab yang Bakal Tren di Tahun 2016. Kamu Mau Mencoba Mempraktekkan?
9 Hal Unik Nan Menarik Gaya Bohemian/Hippie Ini Layak Jadi Tren Fashion Terbarumu!
Tips Kenakan Sneaker, dari Klasik hingga High Fashion..
KOMPAS.com - Sneaker kini tidak lagi dipakai hanya untuk lari atau gberlatih olahraga lain, namun juga telah menjadi tren gaya sehari-hari.
Yap, bagi pria, sneaker memiliki peran untuk menambah nilai plus pada penampilan, baik saat kasual atau ketika memakai busana formal sekali pun.
Nah, agar tepat dan penampilan lebih maksimal, berikut tips mengenakan sneaker dari laman Dmarge yang mendapat masukan dari Robert Ferris, Head Buyer Harrolds.
1.Sneaker rules: The basic
monkeybusinessimages Ilustrasi sneakers
Tidak peduli jenis sneaker apa yang dikenakan, ada beberapa prinsip dasar yang perlu diketahui.
Beli sepatu yang sesuai dengan pakaian yang dimiliki saat ini: Apa gunanya membeli tren terbaru, jika tidak sesuai dengan gaya dan selera? Jangan ikut-ikut tren. Pilih sepatu yang melengkapi apa yang sudah dimiliki, bukan sepatu yang mengharuskan membeli pakaian lagi.
Kenakan pada kesempatan yang tepat: Sneaker sangat serbaguna, tetapi bukan pengganti seluruh sepatu. Kamu dapat mengenakan sneaker dengan pakaian bukan formal, dan mungkin bahkan beberapa pakaian kasual. Namun itu tidak dimaksudkan untuk setiap kesempatan, misalnya ke acara yang sangat resmi.
Jaga kebersihannya: Tidak peduli seberapa keren sneakers, efeknya akan hilang jika tidak bersih. Perawatan sneaker yang benar termasuk mencuci tali sepatu, menghilangkan bau, menyikat outsole, dan menggunakan pelindung sepatu.
2. Pahami tipe sneaker
KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Air Jordan 1, salah satu seri sneaker yang mendominasi banyak lapak di arena Sneakerpeak Kemang Vol.3 di Lippo Mall Kemang, Rabu (18/4/2018). Acara ini akan berlangsung hingga Minggu (22/4/2018).
Sneakers punya berbagai bentuk, gaya, dan ukuran, namun memiliki beberapa aturan.
Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, sulit mengetahui dengan pasti apa yang paling cocok sesuai dengan pakaian dan selera.
Namun ada penggolongan sneaker yang membantu seseorang memadupadankannya dengan gaya berpakaian. Berikut cara memahaminya.
Sneaker basic. Sneaker ini umumnya seperti Converse, Vans dan lain-lain. Biasanya terbuat dari kulit, namun ada juga yang memakai kanvas dan umumnya memakai warna-warna dasar. Sneaker ini memiliki harga terjangkau dan mudah dipakai atau dibersihkan.
Sneaker mewah. Sneaker ini biasanya memiliki bentuk layaknya sneaker basic, namun dengan harga lebih mahal dan sering dibuat dari suede atau kulit. Beberapa label yang kenakan seperti Tom Ford, Lanvin & Saint Laurent. Sneaker ini tidak cocok untuk dipakai ke festival musik.
Sneaker klasik. Sneaker tipe ini seperti Nike Air Max 90, Reebok Pump, Asics hingga Onitsuka Tiger.
Sneaker masa kini. Sneaker ini biasanya dari label seperti Nike, Adidas dan Puma, namun dengan gaya dan bentuk modern.
Sneaker dari desainer. Sneaker ini biasanya dikeluarkan oleh label seperti Givenchy, Christian Louboutin, Maison Martin Margiela, Diemme, dan bahkan Giuseppe Zanotti.
Sneaker high tech. Sneaker ini mungkin belum diakui secara universal, namun memiiki julukan High Tech. Sneaker ini dari beberapa seperti seperti Rick Owens dan desainer lain yang benar-benar mendorong batas desain sneaker.
3. Apa yang perlu diketahui untuk mendapatkan penampilan sneaker terbaik?
Setelah tahu berbagai tipe sneaker, kini cocokan dengan penampilan.
Sneaker basic
Dok. Dmarge Sneaker Basic Classic
Converse, Chucks atau apa pun sebutannya, sneaker basic klasik biasanya menjadi sepatu kasual paling serbaguna yang bisa dibeli.
Tipe sneaker ini pas jika dipadupadankan dengan denim panjang serta celana pendek dari berbagai warna dan siluet.
Tapi perlu dicatat, sneaker ini tidak pas digunakan sebagai pengganti sepatu formal, karena memang tidak bisa dipakai di setiap kesempatan. Pakai saat penampilan kasual atau acara-acara santai.
Padukan dengan kaus, kemeja motif kotak-kotak atau blazer.
Untuk bawahan bisa dipadukan dengan dengan denim dan chino kasual, atau slim fit.
Simpan untuk acara santai
Pastikan selalu bersih.
Lebih cocok digunakan untuk pria muda.
Sneaker mewah
Dok. Dmarge Sneaker mewah
Sneaker ini bisa dipakai dalam gaya street casual hingga smart casual tanpa menjadikan pengunannya tampak seperti remaja tanggung. Ia dapat dikenakan dengan celana bahan, denim tipis hingga chinos.
Kalau mengenakan sneaker ini, disarankan tidak memakai celana pendek, karena sepatu ini umumnya terlihat lebih tebal dibandingkan dengan sneaker berbahan dasar kanvas.
Padukan dengan atasan yang berkelas agar kesan mewahnya tak hilang. Kaus, kemeja dan polo adalah pilihan yang bagus. Untuk tampilan maksimal, pilihlah kemeja dengan dasi tipis atau rajutan, blazer dan denim tipis.
Bila kamu baru mencobanya, lebih baik mulai dengan sneaker warna hitam, baru warna lain. Kemudian beri perhatian lebih bila sneaker itu berbahan suede, dan jangan dipakai terlalu sering. Pasangkan dengan busana lebih cerah,
Sneaker klasik
Dok. Dmarge Sneaker olahraga klasik
Yap, sneaker ini mungkin bisa dibilang tengah berjaya. Sneaker ini biasanya penuh dengan warna. Ide dasar sneaker ini untuk melengkapi gayamu, karena itu sesuaikan dengan tampilan yang kau inginkan.
Untuk busana, pilih celana seperti denim slim fit atau tapered, kemudian kaus longgar, atau pakaian luar kasual yang memang cocok untuk sneaker ini. Bisa juga dipadukan dengan celana pendek chino.
Kunci untuk penampilan ini adalah menjaga jangan terlalu norak, tapi juga jangan ala kadarnya. Kira-kira di antara gaya hip-hop dan kasual.
Temukan gaya yang kamu suka dan jadikan sebagai dasar tampilan
Cocokan dengan warna yang dikenakan
Gulung celana saat cuaca sedikit terik
Sneaker masa kini
Dok. Dmarge Sneaker olahraga terkini
Kamu bisa terlihat buruk jika salah memadukan. Sebisa mungkin, tetap dengan sneaker yang low profile, namun modis.
Jika terlalu mirip sepatu olahraga maka akan akan terlihat besar dan kurang tepat.
Kenakan jenis ini seperti memakai sneaker klasik atau dengan tampilan lebih sporty pada akhir pekan.
Disarankan untuk menghindari denim longgar, sebaliknya pilih chinos ramping atau sedikit elastis di bawah. Untuk atasan, bisa pilih yang sporty atau kasual seperti kaus.
Hindari memakai putih dari atas ke bawah
Jangan memasukkan kemeja ke denim dengan sepatu ini
Pilih penampilan sporty sebagai pelengkap
Sneaker dari desainer kenamaan
Dok. Dmarge Sneaker desainer kenamaan
Sneaker dengan harga cukup mahal ini kian hits dan rilis hampir setiap musim.
Nah, bagaimana panduan mengenakannya? Lihat gaya Kanye West.
Cukup dengan denim slim fit yang digulung di bagian bawah, kemudian padukan dengan kaus atau kemeja kotak-kotak terbuka.
Bisa juga tampilan seperti blazer. Untuk denim, pilih warna hitam dan kaus longgar.
Kalau bisa lebih cocok dengan warna hitam, putih atau warna mute colour.
Pusatkan perhatian ke sneaker
Denim adalah pasangan terbaik
Sneaker High Tech, High Fashion
Dok. Dmarge Sneaker High Tech High Fashion
Enggak banyak orang berani kenakan sneaker ini, karena gaya yang dikenakan musti pas dan tidak aneh.
Kalau kamu penasaran, pastikan untuk pilih serba hitam, dan jangan terlalu pusatkan perhatian pada sneaker, karena sneaker tipe ini sudah terlihat mencolok.
Idealnya kita tidak ingin orang menilai kita tampil berlebihan dengan jenis ini, maka pastikan memadukan dengan pakaian yang tidak terlalu mencolok.
Yap, bagi pria, sneaker memiliki peran untuk menambah nilai plus pada penampilan, baik saat kasual atau ketika memakai busana formal sekali pun.
Nah, agar tepat dan penampilan lebih maksimal, berikut tips mengenakan sneaker dari laman Dmarge yang mendapat masukan dari Robert Ferris, Head Buyer Harrolds.
1.Sneaker rules: The basic
monkeybusinessimages Ilustrasi sneakers
Tidak peduli jenis sneaker apa yang dikenakan, ada beberapa prinsip dasar yang perlu diketahui.
Beli sepatu yang sesuai dengan pakaian yang dimiliki saat ini: Apa gunanya membeli tren terbaru, jika tidak sesuai dengan gaya dan selera? Jangan ikut-ikut tren. Pilih sepatu yang melengkapi apa yang sudah dimiliki, bukan sepatu yang mengharuskan membeli pakaian lagi.
Kenakan pada kesempatan yang tepat: Sneaker sangat serbaguna, tetapi bukan pengganti seluruh sepatu. Kamu dapat mengenakan sneaker dengan pakaian bukan formal, dan mungkin bahkan beberapa pakaian kasual. Namun itu tidak dimaksudkan untuk setiap kesempatan, misalnya ke acara yang sangat resmi.
Jaga kebersihannya: Tidak peduli seberapa keren sneakers, efeknya akan hilang jika tidak bersih. Perawatan sneaker yang benar termasuk mencuci tali sepatu, menghilangkan bau, menyikat outsole, dan menggunakan pelindung sepatu.
2. Pahami tipe sneaker
KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Air Jordan 1, salah satu seri sneaker yang mendominasi banyak lapak di arena Sneakerpeak Kemang Vol.3 di Lippo Mall Kemang, Rabu (18/4/2018). Acara ini akan berlangsung hingga Minggu (22/4/2018).
Sneakers punya berbagai bentuk, gaya, dan ukuran, namun memiliki beberapa aturan.
Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, sulit mengetahui dengan pasti apa yang paling cocok sesuai dengan pakaian dan selera.
Namun ada penggolongan sneaker yang membantu seseorang memadupadankannya dengan gaya berpakaian. Berikut cara memahaminya.
Sneaker basic. Sneaker ini umumnya seperti Converse, Vans dan lain-lain. Biasanya terbuat dari kulit, namun ada juga yang memakai kanvas dan umumnya memakai warna-warna dasar. Sneaker ini memiliki harga terjangkau dan mudah dipakai atau dibersihkan.
Sneaker mewah. Sneaker ini biasanya memiliki bentuk layaknya sneaker basic, namun dengan harga lebih mahal dan sering dibuat dari suede atau kulit. Beberapa label yang kenakan seperti Tom Ford, Lanvin & Saint Laurent. Sneaker ini tidak cocok untuk dipakai ke festival musik.
Sneaker klasik. Sneaker tipe ini seperti Nike Air Max 90, Reebok Pump, Asics hingga Onitsuka Tiger.
Sneaker masa kini. Sneaker ini biasanya dari label seperti Nike, Adidas dan Puma, namun dengan gaya dan bentuk modern.
Sneaker dari desainer. Sneaker ini biasanya dikeluarkan oleh label seperti Givenchy, Christian Louboutin, Maison Martin Margiela, Diemme, dan bahkan Giuseppe Zanotti.
Sneaker high tech. Sneaker ini mungkin belum diakui secara universal, namun memiiki julukan High Tech. Sneaker ini dari beberapa seperti seperti Rick Owens dan desainer lain yang benar-benar mendorong batas desain sneaker.
3. Apa yang perlu diketahui untuk mendapatkan penampilan sneaker terbaik?
Setelah tahu berbagai tipe sneaker, kini cocokan dengan penampilan.
Sneaker basic
Dok. Dmarge Sneaker Basic Classic
Converse, Chucks atau apa pun sebutannya, sneaker basic klasik biasanya menjadi sepatu kasual paling serbaguna yang bisa dibeli.
Tipe sneaker ini pas jika dipadupadankan dengan denim panjang serta celana pendek dari berbagai warna dan siluet.
Tapi perlu dicatat, sneaker ini tidak pas digunakan sebagai pengganti sepatu formal, karena memang tidak bisa dipakai di setiap kesempatan. Pakai saat penampilan kasual atau acara-acara santai.
Padukan dengan kaus, kemeja motif kotak-kotak atau blazer.
Untuk bawahan bisa dipadukan dengan dengan denim dan chino kasual, atau slim fit.
Simpan untuk acara santai
Pastikan selalu bersih.
Lebih cocok digunakan untuk pria muda.
Sneaker mewah
Dok. Dmarge Sneaker mewah
Sneaker ini bisa dipakai dalam gaya street casual hingga smart casual tanpa menjadikan pengunannya tampak seperti remaja tanggung. Ia dapat dikenakan dengan celana bahan, denim tipis hingga chinos.
Kalau mengenakan sneaker ini, disarankan tidak memakai celana pendek, karena sepatu ini umumnya terlihat lebih tebal dibandingkan dengan sneaker berbahan dasar kanvas.
Padukan dengan atasan yang berkelas agar kesan mewahnya tak hilang. Kaus, kemeja dan polo adalah pilihan yang bagus. Untuk tampilan maksimal, pilihlah kemeja dengan dasi tipis atau rajutan, blazer dan denim tipis.
Bila kamu baru mencobanya, lebih baik mulai dengan sneaker warna hitam, baru warna lain. Kemudian beri perhatian lebih bila sneaker itu berbahan suede, dan jangan dipakai terlalu sering. Pasangkan dengan busana lebih cerah,
Sneaker klasik
Dok. Dmarge Sneaker olahraga klasik
Yap, sneaker ini mungkin bisa dibilang tengah berjaya. Sneaker ini biasanya penuh dengan warna. Ide dasar sneaker ini untuk melengkapi gayamu, karena itu sesuaikan dengan tampilan yang kau inginkan.
Untuk busana, pilih celana seperti denim slim fit atau tapered, kemudian kaus longgar, atau pakaian luar kasual yang memang cocok untuk sneaker ini. Bisa juga dipadukan dengan celana pendek chino.
Kunci untuk penampilan ini adalah menjaga jangan terlalu norak, tapi juga jangan ala kadarnya. Kira-kira di antara gaya hip-hop dan kasual.
Temukan gaya yang kamu suka dan jadikan sebagai dasar tampilan
Cocokan dengan warna yang dikenakan
Gulung celana saat cuaca sedikit terik
Sneaker masa kini
Dok. Dmarge Sneaker olahraga terkini
Kamu bisa terlihat buruk jika salah memadukan. Sebisa mungkin, tetap dengan sneaker yang low profile, namun modis.
Jika terlalu mirip sepatu olahraga maka akan akan terlihat besar dan kurang tepat.
Kenakan jenis ini seperti memakai sneaker klasik atau dengan tampilan lebih sporty pada akhir pekan.
Disarankan untuk menghindari denim longgar, sebaliknya pilih chinos ramping atau sedikit elastis di bawah. Untuk atasan, bisa pilih yang sporty atau kasual seperti kaus.
Hindari memakai putih dari atas ke bawah
Jangan memasukkan kemeja ke denim dengan sepatu ini
Pilih penampilan sporty sebagai pelengkap
Sneaker dari desainer kenamaan
Dok. Dmarge Sneaker desainer kenamaan
Sneaker dengan harga cukup mahal ini kian hits dan rilis hampir setiap musim.
Nah, bagaimana panduan mengenakannya? Lihat gaya Kanye West.
Cukup dengan denim slim fit yang digulung di bagian bawah, kemudian padukan dengan kaus atau kemeja kotak-kotak terbuka.
Bisa juga tampilan seperti blazer. Untuk denim, pilih warna hitam dan kaus longgar.
Kalau bisa lebih cocok dengan warna hitam, putih atau warna mute colour.
Pusatkan perhatian ke sneaker
Denim adalah pasangan terbaik
Sneaker High Tech, High Fashion
Dok. Dmarge Sneaker High Tech High Fashion
Enggak banyak orang berani kenakan sneaker ini, karena gaya yang dikenakan musti pas dan tidak aneh.
Kalau kamu penasaran, pastikan untuk pilih serba hitam, dan jangan terlalu pusatkan perhatian pada sneaker, karena sneaker tipe ini sudah terlihat mencolok.
Idealnya kita tidak ingin orang menilai kita tampil berlebihan dengan jenis ini, maka pastikan memadukan dengan pakaian yang tidak terlalu mencolok.
Subscribe to:
Posts (Atom)